Cara Seru Menjelajah Pulau Tidung

Kawasan Kepulauan Seribu bisa menjadi salah satu alternatif destinasi wisata bagi masyarakat di sekitar ibukota untuk melewatkan waktu liburan yang hanya sebentar. Kecamatan Kepulauan Seribu terdiri dari deretan pulau kecil yang sebagian telah dikembangkan sebagai obyek wisata salah satunya adalah Pulau Tidung. Yang menjadi alasan para wisatawan untuk singgah ke pulau ini adalah panorama pantai sekaligus pemandangan bawah lautnya yang menakjubkan, tak kalah dengan obyek wisata lain yang telah populer di Indonesia.

Begini cara seru mengeksplor Pulau Tidung

Ada beberapa cara asyik untuk menikmati keindahan setiap sudut pulau wisata Tidung ini, simak ulasannya untuk Anda.

Jalan kaki

Yang dimaksud jalan kaki di sini tentu bukan mengelilingi seluruh pulau karena luasnya mencapai sekitar 35 hektar. Para pengunjung biasanya berjalan-jalan menyusuri kecantikan pantai di tempat wisata ini, yaitu pantai Saung Perawan dan Pantai Cemara Kasih yang indah. Yang paling seru adalah menonton ikan berenang hilir mudik pada bibir pantai dengan perairan yang dangkal.

Selain berjalan-jalan di pantai Anda juga sebaiknya tak melewatkan kesempatan untuk mengunjungi kawasan Tidung Kecil dengan melintasi Jembatan Cinta yang panjangnya sekitar 700 meter. Tapi Anda harus bersabar bila pengunjung sedang banyak karena area tersebut biasanya penuh sesak apalagi bila ada yang berhenti untuk foto-foto dahulu.

Bersepeda

Bila Anda termasuk orang yang malas jalan kaki, pengelola obyek wisata juga menyediakan sepeda bagi pengunjung. Anda bisa menyewa sepeda milik penduduk lokal dengan tarif yang sangat terjangkau, sekitar 50 ribu saja untuk sehari penuh. Penyedia jasa umumnya juga menjadwalkan acara bersepeda ini pada tour mereka untuk melihat dari dekat aktivitas masyarakat setempat.

Lokasi favorit yang banyak menjadi tujuan sekali lagi adalah Pantai Saung Perawan. Akan lebih seru bila acara bersepeda itu dilakukan di pagi hari sehingga Anda sekaligus dapat berolahraga dan menghirup udara segar. Bila perut sudah mulai lapar Anda bisa mampir ke kedai-kedai di sekitar pantai untuk berwisata kuliner. Faktanya Kepulauan Seribu, termasuk Pulau Tidung mempunyai hidangan tradisional lezat yang sayang bila dilewatkan. Baca Paket Wisata Pulau Tidung

Naik perahu

Alternatif ketiga yang  lebih seru untuk menjelajahi pulau wisata Tidung ini adalah dengan perahu tradisional milik nelayan setempat. Dengan menyewa perahu Anda bisa berkeliling di sekitar pulau atau menjelajahi pulau-pulau kecil tak berpenghuni di sekitarnya, seperti Pulau Payung atau Pulau Semak Daun.

Perahu tradisional ini juga bisa membawa Anda menuju lokasi yang tepat untuk menyaksikan sunrise atau sunset dengan sempurna. Bagi penghobby fotografi, tentu pilihan aktivitas liburan ini bisa menjadi alternatif. Terakhir adalah menjelajahi hutan bakau atau mangrove dengan perahu nelayan untuk melihat dari dekat rerimbunan pepohonan yang membentuk langit-langit indah berwarna kehijauan.

Snorkeling dan diving

Tak hanya pemandangan di permukaan airnya saja yang menakjubkan, panorama bawah laut di pulau wisata ini juga luar biasa. Jadi jangan lewatkan petualangan untuk menjelajahinya dengan snorkeling atau diving. Berbagai jenis terumbu karang dapat Anda saksikan di sini serta berbagai satwa laut yang menjadikannya rumah.

Rasakan pengalaman berenang ditemani ikan-ikan cantik beraneka jenis yang pasti akan seru sekali dan jangan lupa mengambil foto di bawah air sebagai kenang-kenangan kunjungan liburan Anda ke Pulau Tidung. Perlu diingat bahwa kawasan perairan pulau wisata tersebut merupakan bagian dari taman nasional yang dilindungi kelestariannya. Jadi berhati-hatilah agar tidak sampai merusak karang walaupun tidak sengaja.

Sumber : pulautidung.co.id

Last 5 posts in pulau seribu

This entry was posted in pulau seribu and tagged , , , , . Bookmark the permalink.